Mempelajari Nilai Moral dari Biografi Warren Harding

Sebagai negara maju, Amerika selalu jadi bahan pembicaraan tentang kesuksesan pemerintahannya. Kesuksesan tersebut tentunya tidak terlepas dai jajaran kepemimpinan Amerika Serikat yang terkenal mumpuni, salah satunya Presiden Amerika Serikat ke-29. Kronologi kehidupannya ditulis dalam biografi Warren Harding.

Berdasarkan biografi yang diceritakan, kita bisa mengambil nilai moral sebagai bahan instropeksi. Tujuannya, agar kita mampu mengarahkan hidup supaya lebih tearah. Berikut beberapa nilai moral Warren Harding yang bisa kamu ambil nilainya.

Kelahiran Warren Harding

Image Source: biography.com

Warren Harding lahir di Corsica, Ohip pada tanggal 2 November 1865. Ia merupakan anak dari tertua dari delapan bersaudara. Ayahnya bernama George Tryon Handing dan ibunya bernama Phoebe Dickerson Harding. Kedua orang tuanya bekerja sebagai dokter.

 

Hidup di lingkungan pertanian, menjadikan masa kanak-kanak Harding semakin indah. Ia pernah tampil di sebuah band. Beberapa pengalaman tersebut pada akhirnya bisa membantu mempromosikan karier politiknya.

 

  1. Pendidikan Warren Harding

Nilai moral juga ada di biografi Warren Harding dalam perjalanan pendidikannya. Saat berusia 14 tahun, Harding menghadiri Ohio Central College, ia mendapatkan tugas untuk menyunting surat kabar kampus dan menjadi pembicara publik. Setelah lulus pada tahun 1882, ia berprofesi sebagai guru di sekolah negeri dan menjual asuransi.

Selain itu, Harding juga berusaha untuk belajar hukum. Mengetahui ada perusahaan surat kabar yang gagal bernama Marion Daily Star. Ia bersama kawannya langsung membeli surat kabar tersebut. Di bawah kendali Harding dan kawannya, surat kabar tersebut menjadi makmur, serta dijadikan lahan bisnis.

Selama merintis usahanya, ia juga dekat dengan wartawan. Tujuannya agar terkenal dan memiliki visi untuk memilih calon presiden.

  1. Karir Warren Harding

Presiden Amerika ke-29 ini memulai karir di bidang politik dengan terpilih menjadi senator negara bagian pada tahun 1899-1902. Ia kemudian menjadi gubernur letnan pada tahun 1903-1904. Harding mampu mencapai visibilitas nasional ketika terpilih saat mencalonkan William Howard Taft di Konvensi Partai Republik 1912.

Dalam kampanye berikutnya, dia terpilih sebagai senator A.S pada masa jabatan 1915-1921. Warren Harding dikenal sebagai anggota Partai Politik Republik. Dia berusia 55 tahun ketika dilantik sebagai presiden ke-29. Calvin Coolidge berdiri sebagai Wakil Presiden.Nilai moral dari biografi Warren Harding dari segi pendidikan adalah ambisi dan sikap pantang menyerahnya.

  1. Keluarga Warren Harding

Harding menikah dengan seorang janda bernama Florence Kling de Wolfe. Wanita tersebut biasa dipanggil dengan Flossie dan memiliki seorang putra bernama Marshaal Eugene De Wolfe. Putranya tersebut juga mengidolakan Harding sebagai ayah tirinya.

Istrinya cerdas, berpikiran kuat, dan ambisius. Florence juga selalu mendukung visi suaminya untuk sukses menjadi presiden. Ia juga memahami kekuatan pers dan berusaha untuk terus membantu Harding agar bisa menjadi presiden.

  1. Kontribusi Warren Harding untuk Bangsa

Selama masa kepresidenan dari tahun 1919-1921 ia berhasil mencapai beberapa prestasi yang terdiri dari:

  1. menghentikan perlombaan senjata dalam produksi kapal-kapal besar angkatan laut
  2. mengesahkan tarif perlindungan yang lebih tinggi
  3. menetapkan pajak yang lebih rendah untuk bisnis
  4. mengurangi jumlah imigran yang diizinkan masuk Amerika Serikat dari Eropa selatan dan timur secara drastis

 

Itulah beberapa nilai moral dari biografi Warren Harding yang bisa dijadikan motivasi. Semoga bisa menjadi pedoman hidup bagi Anda untuk lebih semangat memperbaiki diri dan menjadi pemimpin yang berkualitas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *