Satwa Terlindungi Yang Ada Di Pulau Borneo

10 Hewan Langka Di Kalimantan, majalahhewan.com | Kalimantan atau kalaupun orang luar menyebut dengan Pulau Borneo adalah salah satunya Pulau di Indonesia yg miliki keaneka ragaman jiwai yg fantastis. Bahkan juga Kalimantan ini memukau banyak Ilmuan dunia sepanjang lebih dari 150 tahun. Ada amat banyak style binatang atau hewan endemik atau non endemik yg menempati pulau Kalimantan ini. Banyak spesies binatang unik serta langka yg bikin banyak ilmuan tertarik untuk menyibukan diri menelitinya.

Hewan hewan yg berada pada Pulau Kalimantan ini benar-benar beraneka, di mulai dari mamalia, burung, serangga, primata, reptil serta yang lain. Serta selanjutnya kami bahas 10 hewan langka di kalimantan yg terancam punah dan dilindungi.

10. ORANGUTAN

Satwa langka pertama yg berada pada pulau Kalimantan yaitu Orangutan Kalimantan. Orangutan ini dalam bahasa Inggris dinamakan Bornean Orangutan. Dan nama latin atau nama Ilmiahnya yaitu Pongo pygmaeus.

Orangutan Kalimantan ini hidup di rimba tropis serta rimba subtropis di dataran rendah Kalimantan. Umumnya mereka memakai benih, daun, buah ara, bunga, madu, serangga sampai telur burung.

Statusnya di IUCN benar-benar terancam. Itu disebebkan hilangnya habitat serta perburuan liar dan beralihnya rimba jadi kebun kelapa sawit. Perburuan liar ini tidak hanya daging orangutan yg difungsikan untuk dikonsumsi pun untuk jadikan hewan peliharaan untuk yg masih tetap muda.

Usia Orangutan Kalimantan ini di alam liar hidupnya dapat capai 40 tahun, namun di penangkaran dapat capai 60 tahun.

9. BEKANTAN / PROBOSCIS MONKEY / LONG-NOSED MONKEY

Yg nomor sembilan dari 10 binatang langka yg berada pada kalimantan yaitu Bekantan. Tidak hanya dinamakan Bekantan, satwa ini pula lebih popular dengan nama Monyet Hidung Panjang.

Dalam bahasa Inggris Bekantan dinamakan Proboscis Monkey, Long-nosed Monkey. Dan nama latin atau nama ilmiahnya yaitu Nasalis larvatus.

Disaksikan dari gambar diatas, jadi benar-benar ringan untuk membedakannya dengan style monyet lainnya, itu lantaran Bekantan miliki hidung yg panjang serta besar.

Monyet hidung panjang ini umumnya duduki daerah pesisir serta di selama sungai. Tidak hanya miliki hidung yg panjang serta besar, monyet ini pula benar-benar cerdas berenang, bahkan juga sanggup menyelam sampai kedalaman air 20 mtr. atau 66 kaki.

Yg menjadikanya monyet hidung panjang ini langka yaitu disebabkan hilangnya habitat serta perburuan, yg manakah dalam 36 sampai 40 tahun paling akhir jadikan populasinya menyusut sampai 50%.

IUCN sudah memasukan dalam daftarnya dengan status Endangered ( terancam punah )

Bekantan atau monyet hidung panjang ini termasuk juga satwa frugivora musiman ( pemakan buah musiman ) serta folivora ( pemakan daun ).

8. KUKANG KALIMANTAN / BORNEAN SLOW LORIS

Yg ke-8 dari 10 satwa langka di Kalimantan yaitu Kukang Kalimantan. Dalam bahasa Inggris Kukang Kalimantan dinamakan Bornean slow loris. Dan nama latin atau nama ilmiahnya yaitu Nycticebus borneanus.

Kukang Kalimantan ini masuk dalam lis IUCN dengan status ( Mudah ) Untuk tahu lebih dekat satwa langka ini serta style jenis kukang yg berada pada Indonesia, dan kenyataan fakta menarik yang lain dapat disaksikan di HEWAN KUKANG DAN SEGALA SESUATU TENTANGNYA.

7. TUPAI KERDIL / LEAST PYGMY SQUIRREL / BORNEAN PYGMY SQUIRREL

Yg ke-7 dari binatang langka endemik Pulau Kalimantan yaitu Tupai Kerdil. Dalam bahasa Inggris tupai kerdil ini dinamakan Least pygmy squirrel atau Bornean Pygmy Squirrel. Dan nama latin atau nama ilmiahnya yaitu Exilisciurus exilis.

Tupai kerdil ini adalah salah satunya style tupai paling kecil yg tempati Pulau Kalimantan. Tidak hanya Kalimantan pun tempati Pulau Benggi.

Tupai langka ini menempati daerah dataran rendah serta perbukitan rendah. Langkanya tupai ini disebabkan penghancuran habitat besar besaran dan perubahan area rimba jadi area kebun.

Tupai yg miliki ukuran panjang badan 8 cm serta ekornya 6 cm dan beratnya 20 gr ini dalam lis IUCN berstatus Data Deficient

6. TUPAI TERBANG / FLYING SQUIRREL

Yg ke enam dari style hewan langka yg menempati Pulau Kalimantan yaitu Tupai Terbang. Tupai Terbang ini dalam bahasa Inggris dinamakan Flying Squirrel.

Ada 44 spesies tupai terbang serta beberapa tinggal di Kalimantan. Tupai ini yaitu keluarga Sciuridae serta termasuk juga binatang pengerat.

Memang tupai ini tidak nyata-nyata terbang, tetapi meloncat lantas melayang-layang dari pohon satu ke pohon yang lain yg manakah gunakan pertolongan parasut yg terbentang pada kaki depan serta kaki belakangnya. Serta parasut ini dimaksud dengan patagium.

Akibatnya karena penebangan rimba serta konversi pertanian menjadikanya masuk dalam lis IUCN yg berstatus Dikit Kepedulian (Least Concern)

5. BADAK SUMATRA

Yg ke-5 dari satwa satwa langka penghuni Pulau Kalimantan yaitu Badak Sumatra. Badak Sumatra dalam bahasa Inggris dinamakan Sumatran rhinoceros serta nama latinya yaitu Dicerorhinus sumatrensis.

Ciri ciri Badak Sumatra ini miliki cula dua. Pemanfaatan cula badak ini untuk obat tradisionil China dan perburuan jadikan keberlangsungan hidup Badak Sumatra ini terancam, bahkan juga sampai ini hari. IUCN mecatat jadi hewan langka serta berstatus terancam punah.

4. KUCING MERAH

Yg nomor 4 dari 10 hewan langka di kalimantan yaitu Kucing Merah. Dalam bahasa Inggris dinamakan Borneo Bay Cat, Bay Cat, Bornean Bay Cat, dan nama latinya yaitu Catopuma badia.

Serta untuk detailnya dapat dibaca di Kucing Merah Kalimantan, Salah Satu Kucing Sangat Langka Serta Sangat Dipelajari Di Dunia.

3. MUSANG AIR

Yg ke-tiga dari barisan 10 hewan langka di Kalimantan yaitu Musang Air. Musang Air ini dalam Bahasa Inggris dinamakan Otter Civet, Otter-civet, Sunda Otter Civet. Dan nama latin atau nama ilmiahnya yaitu Cynogale bennettii.

Musang air atau musang geram berang ini adalah style musang yg semi-aquatik.

Mangsanya yaitu kepiting, moluska dan ikan. Musang air ini pula hewan yg aktif saat malam hari.

Rusaknya habitatnya, ialah beralihnya rimba rawa gambut jadi perkebunan kelapa sawit menjadikanya satwa langka. Serta tercatat di IUCN dengan status Endangered C1 ver 3.1 ( terancam punah ).

2. MACAN DAHAN KALIMANTAN

Di barisan ke-2 dari 10 satwa langka yg berada pada Kalimantan yaitu Macan Dahan Kalimantan. Macan ini dalam bahasa Inggris dinamakan Sunda Clouded Leopard, Enkuli Clouded Leopard, Sunda Clouded Leopard, Sunda Islands Clouded Leopard, Sundaland Clouded Leopard. Dan nama latin atau nama ilmiahnya yaitu Neofelis diardi.

Macan Dahan Kalimanatan ini adalah style kucing liar yg dapat didapati di pulau pulau Asia Tenggara, Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatra. Macan ini terpisah dari kerabat dekatnya ialah Neofelis nebulosa.

Macan ini benar-benar tertutup, mereka berburu di tanah serta adalah pemanjat pohon yg hebat, yg menjadikanya lihai bersembunyi dari predator lainnya.

1, GAJAH KALIMANTAN

Yg paling akhir dari 10 hewan langka di Kalimantan yaitu Gajah Kalimantan. Dalam bahasa Inggris dinamakan Borneo elephant, Borneo pygmy elephant. Dan nama latin atau nama ilmiahnya yaitu Elephas maximus borneensis.

Gajah Kalimantan atau Gajah Borneo ini populasinya sudah mengalami penurunan sampai 50% lebih sepanjang 3 generasi paling akhir serta tercatat di IUCN dengan status terancam punah.

Mudah-mudahan 10 Hewan Langka Di Kalimantan yg telah kita lihat ini jadikan kita lebih sadar akan kehadiran mereka serta ikut mengawasi keberlangsungan hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *