Ragam Buah-buahan Yang Mudah Dijumpai di Sekitar Kita

1. Durian

Banyak yang gak tahu kalaupun buah berduri yang dijuluki King of Fruit ini datang dari Indonesia. Yup, durian yang ciri khas dengan wangi menusuk ini diketemukan di Sumatra serta Kalimantan. Kelezatan terasa, membuat negara lainnya berlomba membudidayakannya.

Saat ini, ada beberapa ratus macam durian menyebar di seluruhnya dunia, termasuk juga di Thailand yang sukses meningkatkan 300 macam durian. Wow!

2. Manggis

Kalaupun durian yaitu “raja buah”, karena itu pendampingnya yaitu “ratu buah” yakni manggis. Buah yang sebelumnya diketemukan di daerah Kalimantan serta Sunda ini terasa asam-manis yang begitu fresh.

Konon, hal itu sampai membuat Ratu Victoria dari Inggris terkagum. Diluar itu, buah keunguan ini pula memiliki kandungan banyak vitamin serta anti-oksidan yang bagus buat badan kita.

3. Kedondong

buah dengan biji berduri ini datang dari belahan timur Indonesia. Dalam dunia internasional, buah dengan keistimewaan perasaan masamnya dinamai Ambarella. Pada awal zaman 20, kedondong dikenalkan ke mancanegara, di mulai dari Australia sampai Jamaica.

Bahkan juga, kedondong sudah sempat ditanam ikut di Florida, tetapi nampaknya orang Amrik belum pula ngeh dengan buah rujak ini.

4. Jambu Air

Jambu air dibuat dari pohon-pohon tropis Indonesia. Bunganya berwarna putih, sedang buahnya yang bersifat menyerupai bel punyai macam warna keputihan, merah serta hijau, bergantung pada ragamnya.

Umumnya, jambu berwarna merah memiliki perasaan sangat manis. Jambu air diketahui mancanegara dengan nama Java Apple. Di banyak negara, jambu dibikin jadi buah untuk salad.

5. Belimbing

Belimbing atau Carambola asli datang dari Maluku. Sebelumnya, buah ini jadi favorite di Asia, lalu diketahui sampai Amerika, utamanya di Florida. Buah ini dijuluki Starfruit lantaran bila dibelah, mempunyai bentuk menyerupai seperti bintang. Orang barat menyebutkan perasaan belimbing menjadi penyatuan pepaya, jeruk, serta anggur.

6. Pisang

Pisang yaitu buah asli Indonesia, lho. Buah yang saat ini di proses jadi beraneka macam dessert, seperti banana split, banana cake, atau banana pudding ini mulai dibawa ke Eropa pada zaman 10.

Saat ini Amerika Latin-lah yang jadi produsen paling besar, lantaran kuasai 65% produksi pisang dunia. Ckckck…. Ssttt, buah ini pula diakui oleh beberapa selebriti, seperti Paris Hilton untuk menaikkan kekuatan, lho.

7. Rambutan

Lantaran kulitnya seperti ditumbuhi rambut, karena itu buah asli Indonesia ini diketahui dengan nama rambutan. Pada tahun 1906, Indonesia sempat mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat.

Tetapi sayang, rambutan gak dapat hidup disana. Saat ini beberapa negara, seperti Thailand serta Malaysia populer menjadi pengekspor rambutan yang udah dikemas dalam kaleng.

8. Salak

Salak dimaksud dengan menjadi Snake Fruit lantaran kulitnya yang bersisik. Buah ini asli datang dari Indonesia, bahkan juga satu diantaranya variannya, salak condet, jadi Jatidiri kota Jakarta.

Ada beragam ragam perasaan salak, di mulai dari yang manis, sepat, asam, atau paduan keempatnya. Sayangnya, banyak yang menyangka buah ini datang dari Thailand atau Malaysia, bukan Indonesia.

9. Duku

Duku yang bersifat bundar kecil berwarna kekuningan ini adalah salah sebuah asli kebanggaan Indonesia. Pohonnya juga jadikan flora jatidiri propinsi Sumatra Selatan.

Umumnya, duku dipanen 1 tahun sekali. Di negeri serta Asia duku banyak disenangi, tetapi sayang ekspornya belum pula tembus pasar Amerika serta Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *