Hal Menarik tentang Biografi  Franklin Pierce

Sangatlah menarik untuk membicarakan mengenai Biografi  Franklin Pierce. Pierce merupakan salah satu presiden di Amerika Serikat. Lebih tepatnya, dia adalah presiden ke-14 di negara ini.

Namun, yang menarik bukanlah sekedar tentang statusnya sebagai presiden di Amerika Serikat. Ada kisah hidup dan kebijakan yang layak sekali menjadi topik untuk dibicarakan dan diketahui banyak orang. Berikut ini adalah beberapa hal tentang tokoh yang satu ini.

Masa Awal Hidupnya

Image Source: biography.com

Pierce lahir di Hillsboro, New Hampshire. Presiden ke-14 ini lahir pada tanggal 23 November 1804. Ayahnya merupakan salah satu orang yang yang terlibat dalam Perang Revolusi Amerika.

Selain sebagai pahlawan perang, ayahnya juga memiliki kedudukan politik di daerah kampung halaman Pierce. Sementara itu, ibunya bernama Anna Kendrick Pierce yang sangat mengedepankan pendidikan.

Pierce tergolong anak yang cukup cemerlang di bidang akademis. Pierce menempuh pendidikan privat dan kemudian masuk ke Bowdoin College di Maine. Bidang yang sangat dia kuasai adalah public speaking dan ini menjadi salah satu modal politiknya.

Karir Awal di Dunia Politik

Ketika usianya masih 24 tahun, Pierce terpilih sebagai seorang legislatif di New Hampshire. Dua tahun setelahnya, dia mendapatkan posisi lebih tinggi lagi karena bantuan ayahnya yang saat ini menjadi pemimpin di New Hampshire.

Karirnya menanjak cukup cepat hingga dia terpilih sebagai wakil dari New Hampshire ke Washington pada tahun 1830an. Namun, karir yang menanjak tiba-tiba ini membuatnya cukup tertekan. Hingga gaya hidupnya mengarah ke alkohol hingga akhirnya dia menikah dengan Jane Means Appleton.

Berdasarkan Biografi  Franklin Pierce, pernikahan ini cukup merubah hidupnya. Bahkan, ketika dia terpilih sebagai senat, dia tetap rela melepaskan jabatan itu karena istrinya memintanya mundur. Pada 1841, dia akhirnya mundur dari posisi senat.

Tugas di Militer

Ketika perang antara Mexico dan Amerika meletus, Pierce turun ke kancah militer. Waktu itu, dia dipercaya sebagai brigadir jenderal dan memimpin invasi ke Meksiko, di daerah Veracruz.

Namun, invasi yang ditenagai Pierce tidaklah cukup berhasil. Akhirnya, Pierce dan pasukan dan komando lainnya masuk ke Mexico City. Walau berhasil mendapatkan kemenangan, Pierce harus terluka karena jatuh dari kudanya.

Karena lukanya ini, Pierce tidak bisa ikut dalam kemenangan di Battle of Chapultepec di tahun 1847. Karena perang usai, dia pun kembali ke keluarganya di New Hampshire.

Pemangku Jabatan Presiden Amerika Serikat

Ketika dia kembali ke keluarga dan rumahnya, Pierce memulai lagi karir politiknya. Dia pun mampu menjadi pemimpin Partai Demokrat. Pierce pun mencalonkan diri dalam pemilu tahun 1852. Dia mengambil posisi yang mendukung perbudakan.

Akhirnya, dia berhasil menang dan menjadi presiden. Sayangnya, kemenangannya ini haruslah diwarnai dengan meninggalnya salah satu anaknya karena kecelakaan kereta.

Di kepemimpinannya, bergejolak isu perbudakan di Kansas dan Nebraska. Pierce pun menandatangani Akta Kansas-Nebraska di 1854. Ini memicu perang dengan para budak. Karena ini, akhirnya dia kalah dalam pemilu 1856 dan ini menjadi poin penting dalam Biografi  Franklin Pierce.

Masa Akhir Hidupnya

Pierce dikenal dengan suaranya yang menuai kontroversi. Bahkan ketika sudah tidak lagi menjabat presiden, kemampuan public speakingnya tidak hilang dan banyak hal controversial yang dia lakukan.

Beberapa hal tentang Pierce ini memang patut diperhatikan. kemampuannya dalam public speaking memang cukup berpengaruh dalam karirnya.

 

  1. Pilihannya terkait sikap pada perbudakan menjadi salah satu hal yang akhirnya mengantarkannya pada jabatan presiden. Ini juga yang akhirnya membuatnya gagal di pemilu selanjutnya karena Akta Kansas-Nebraska yang dia tanda tangani.
  2. Dia juga sangat gencar menjadi oposisi Abraham Lincoln di masa Perang Saudara. Ini membuat Pierce memiliki banyak musuh.

Di akhir masa hidupnya, Pierce kembali menjadi peminum alkohol. Akhirnya, dia tutup usia pada tanggal 8 Oktober 1869 di Concord, New Hampshire. Semua kisah ini tentunya mewarnai Biografi  Franklin Pierce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *