10 Cara Setting Mikrotik Jadi Hotspot Dengan Mudah

Hotspot merupakan metode yang digunakan untuk share jaringan internet dari server kepada client yang berada di sekitarnya. Cara ini sering digunakan untuk membagi jaringan internet yang dibutuhkan oleh client yang berada tidak jauh dari media yang dijadikan sebagai server untuk hotspot ini. Layaknya wifi biasa hotspot juga bisa diatur dengan menggunakan username dan password yang khusus dibuat oleh server tersebut.

Nah tahukah anda bagaimana cara setting mikrotik jadi hotspot? Anda yang mungkin mengikuti kursus mikrotik kemungkinan besar bisa menebak bagaimana cara umum yang biasa dipakai untuk mengatur hotspot dalam mikrotik ini. Nah ada cara untuk anda yang ingin mengatur hotspot dalam mikrotik. Caranya pun cukup praktis bisa diterapkan oleh siapapun bahkan oleh para pemula yang tidak pernah berkecimpung di dunia jaringan sebelumnya.

Beberapa Kebutuhan Untuk Cara Setting Mikrotik Jadi Hotspot

 

Dalam membangun hotspot untuk jaringan mikrotik maka anda akan memerlukan beberapa peralatan penting. Peralatan yang kemungkinan besar anda perlukan untuk mencoba mengatur hotspot dalam jaringan mikrotik ini diantaranya seperti; sebuah mikrotik dengan routerboard yang masih bagus kualitasnya, access point, PC sebagai media mengkonfigurasi hotspot, serta yang tak kalah penting adalah kabel khusus jaringan dengan panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.  Pastikan anda sudah memiliki beberapa peralatan tersebut. Karena semua peralatan tersebut akan sangat mendukung berjalannya pengaturan hotspot dalam mikrotik yang akan anda praktikkan ini.

Cara Setting Mikrotik Jadi Hotspot Sesuai Urutan Konfigurasi

Hal-hal yang harus anda lakukan untuk mengatur hotspot dalam mikrotik ini harus anda pahami dengan benar. Cara yang cukup praktis ini diharapkan akan dapat banyak membantu anda dalam membangun hotspot dalam mikrotik. Beberapa cara betikut ini bisa mulai anda paraktekkan secara langsung. Berikut 10 cara setting mikrotik jadi hotspot dengan mudah dan praktis :

  1. Cara yang pertama ini anda perlu membuka window box kemudian melihat ip address. Periksa ip address dalam keadaan sebelum tersedia service hotspot dari mikrotik yang ada.
  2. Selannjutnya anda bisa menambah satu ip address seprti misalkan 192.168.100.1/24 sebagai hotspotnya nanti.
  3. Pada toolbar anda bisa memilih menu IP kemudian pilih hotspot dan pilih hotspot setup.
  4. Setelah muncul menu hotspot interface anda harus memilih interface yang sudah terkonek dengan access point untuk dijadikan layanan aktif hotspot.
  5. Selanjutnya anda perlumengatur ip gatewaynya .
  6. Aturlah pool dhcp pada server yang akan digunakan client.
  7. Terus tekan next hingga terdapat form ip address of SMTP Sever. Kita hanya perlu mengisikan 0.0.0.0 jika tidak punya smtp server.
  8. Pada form DNS server isikan dns dari google yakni public.
  9. Menentukan nama domain lokal yang mana pengaturannya harus sesuai dengan FQDN. Hal ini untuk pengarahan ke halaman login yang akan digunakan oleh client.
  10. Langakah terakhir adalah tentukan username beserta passwordnya yang akan digunakan untuk hotspot oleh client.

Dengan adanya cara-cara tersebut diharapakan anda akan dapat mempratktikkannya dengan mudah untuk mengatur hotspot dalam mikrotik anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *