Cara Ganti Roller Beat yang Benar

Cara Ganti Roller Beat yang Benar
Cara Ganti Roller Beat yang Benar

Ganti roller pada motor matic seperti Honda Beat adalah bagian yang penting seperti hal nya mengganti karet V-Belt. Hal ini berlaku untuk semua tipe motor matic yang ada di Indonesia.

Seperti V-Belt, apabila motor beat yang kamu miliki kerap digunakan perjalanan jarak jauh (luar kota misalnya) namun apabila roller pada motor tersebut tidak pernah diperiksa, maka lama kelamaan roller tersebut akan mengalami kehausan (rusak).

Jika terjadi kerusakan pada bagian roller, maka hal ini bisa merembet kepada bagian-bagian lainnya yang ada di dalam blok CVT. Maka dari itu, gantilah roller tersebut secara berkala, jangan menunggu rusak atau penyok dulu karena hal tersebut bisa berdampak ke seluruh komponen dibagian CVT.

Kapan Harus Ganti Roller?

Fungsi roller terhadap motor matic ialah untuk membantu kerja Variator supaya bisa menghubungkan kebagian V-Belt agar bergerak sehingga motor matic tersebut bisa bergerak maju.

Jika dilihat, bagian ini adalah bagian yang harus bekerja secara terus menerus selama motor matic yang kamu miliki digunakan. Maka dari itu komponen seperti roller ini harus diganti sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pihak pabrikan.

Oh iya, apabila kamu ingin mengganti roller pada motor Beat, alangkah baiknya gunakan dengan memperhitungkan jarak yang sama, dan juga penggantiannya harus dilakukan secara bersamaan dengan bagian karet V-Belt, yaitu waktu penggantinnya ketika kamu sudah menempuh perjalanan sejauh 25 km.

Tapi, hitungan yang sudah tercantum diatas jangan kamu jadikan sebagai patokan, karena setiap komponen pada motor ini kondisinya tidak menentu, kadang ada yang sebelum waktu penggantian harus diganti lebih awal, dan lain sebagainya.

Semua itu tergantung bagaimana cara kita mengendarai motor tersebut, seperti apa beban yang kita bonceng, dan kondisi dari jalanan yang dilalui. Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan roller pada motor matic.

Saya sendiri mengganti roller pada motor Honda Beat yang sekarang digunakan oleh adik itu setiap 25 km, bahkan kurang dari 25 km pun pernah.

Cara Ganti Roller Honda Beat

Setelah kita mengetahuhi seperti apa kerja dari roller dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti roller pada motor matic, sekarang saatnya kamu semua melihat panduan bagaimana Cara Mengganti Roller yang baik dan benar.

Jadi ketika kamu mengetahui panduan tersebut, jadi ketika ingin mengganti roller pada motor beat yang kamu milii, kamu tidak usah repot-repot untuk membawanya ke bengkel, cukup di rumah saja karena sudah mempelajari dari website ini.

Adanya bantuan pengetahuan yang tepat, kamu bisa sedikit menghemat biaya pengeluaran dengan mengganti komponen roller terhadap motor matic ini di rumah saja, tanpa harus membawa ke bengkel resmi.

Maka dari itu, untuk mengetahui seperti apa panduan tersebut, mari kita simak artikel di bawah ini.

Sebelum mengganti roller, pertama-tama kamu harus menyiapkan

1. Peralatan

Untuk mengganti roller pada motor Honda Beat ini, tentu saja kamu semua perlu yang namanya kunci untuk membuka blok dibagian CVT. Inilah peralatan yang akan kamu butuhkan untuk mengganti roller pada motor matic:

  • Roller Baru
  • Kain Lap
  • Kunci Shock berukuran 22 mm
  • Kunci T dengan ukuran 8 mm

2. Buka Block CVT

Setelah peralatan di atas sudah siap semuanya, langkah kedua yang harus kamu lakukan ialah membuka seluruh baud yang menempel di bagian Block CVT dengan menggunakan kunci T 8.

Semua baud yang menempel dibagian CVT ini sekitar 14 biji.

3. Membuka Pully Depan

Apabila block CVT sudah dibuka secara keseluruhan, maka langkah selanjutnya yang harus kamu kerjakan ialah membuka Pully bagian depan. Untuk membuka Pully, kamu harus menggunakan kunci shock berukuran 22 mm. Selain itu, kamu juga harus menggunakan baud untuk mengganjal Pully agar tidak berputar ketika sedang dibuka.

4. Copot Gear Starter

Apabila bagian pully sudah dilepas, kemudian kamu haru melepas komponen gear starter. Setelah gear starter berhasil dilepas, maka kamu harus melepaskan Pully bagian belakang, kemudian lanjut memasukan Roller kepada Pully bagian belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *