Mengupas Arti Kata Gonna, Wanna, Gotta dan Dunno

Gonna, dunno, wanna dan gotta merupakan kata-kata dalam bahasa Inggris yang digunakan pada percakapan informal. Kata-kata tersebut sangat tidak sesuai jika digunakan ketika berbicara dengan orang-orang yang usianya lebih tua dan digunakan pada acara-acara resmi.

Bahasa Gaul

Image Source: bp.blogspot.com

Jika disamakan dengan bahasa Indonesia, kata dunno, gotta, wanna dan gonna dapat disamakan dengan bahasa gaul. Keempat kata tersebut dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang telah akrab atau dengan orang yang usianya lebih muda dengan kita.

Gonna merupakan akronim dari going to dan memiliki arti akan. Ketika kita menggunakan kata gonna, kita memiliki rencana untuk melakukan sesuatu hal di masa depan. Seperti pembahasan sebelumnya, penggunaan kata gonna sebaiknya dilakukan ketika melakukan percakapan dengan orang-orang terdekat atau dengan orang yang usianya lebih muda. Agar lebih memahami akan penggunaan kata gonna, simak contoh percakapan di bawah ini:

Mila: “ I gonna lunch with my old friend. Will you join us? “ ( Aku akan makan siang bersama dengan teman lamaku. Apakah kamu ingin bergabung dengan kami? )

Susi: “ No need. I will have lunch with my boyfriend. “ ( Tidak perlu. Saya akan makan siang bersama dengan kekasihku. )

Mila: “ Okay, we can meet at the gate after lunch is over. “ ( Oke, kita akan bertemu di gerbang setelah makan siang usai. )

Sama halnya dengan gonna, wanna merupakan kata yang dibentuk berdasarkan dengan akronim. Kata wanna sendiri berasal dari kata want to yang berarti ingin. Karena merupakan bahasa gaul, kata wanna sering digunakan oleh remaja ketika bercakap-cakap dengan temannya. Berikut penggunaan kata wanna di dalam percakapan:

Budi: “ I wanna eat arabic bread. Where can i buy it? “ ( Saya ingin makan roti Arab. Dimana saya dapat membelinya? )

Roni: “ You can buy arabic bread at an Arabic restaurant near our school. “ ( Kamu dapat membeli roti Arab di restoran Arab yang berada di dekat sekolah kita. )

Budi: “ Alright then. I will ask my father for money before going to the restaurant. “ ( Baiklah kalau begitu. Saya akan meminta uang kepada ayah sebelum pergi ke restoran. )

Gotta merupakan akronim dari got to atau got a yang memiliki arti harus atau memiliki sebuah. Dilihat dari artinya, kata gotta menunjukkan keseharusan atau kepemilikan. Untuk mengetahui lebih jelas akan kata gotta, berikut contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata gotta:

  1. I gotta worship every day. ( Saya harus beribadah setiap hari. )
  2. In order to answer exam questions, we gotta study hard. ( Agar dapat menjawab soal ujian, kita harus belajar dengan giat. )
  3. To avoid delays, you gotta wake up early before leaving for school. ( Untuk terhindar dari keterlambatan, kamu harus bangun lebih pagi sebelum berangkat ke sekolah. )

Dunno menjadi kata gaul di dalam bahasa Inggris yang banyak dijumpai. Dunno atau don’t know memiliki arti tidak tahu. Ketika kita menemukan kata dunno, itu menandakan bahwa seseorang tidak mengetahui hal-hal tertentu. Berikut merupakan contoh penggunaan kata dunno:

  1. I dunno why the school is closed today. ( Saya tidak tahu mengapa sekolah diliburkan hari ini. )
  2. I dunno if my father went with my mother to Bali. ( Saya tidak tahu jika ayah pergi bersama ibu ke Bali.

Nah, demikian ulasan seputar bahasa kece dalam bahasa Inggris, sampai bersua pada sesi berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *